Weird Symbols appears on my iTunes?! Yet, it is not from any language/alphabet on earth!!

12.43 rah[ma.ut]ami 0 Comments

Hello there!

Siapakah yang menggunakan Mac disini? Well, I use both Mac and PC, and about 6 months, I also used Linux (Ubuntu). Ok, tapi kali ini, terlepas dari kekacauan PC gw yang never-ending-and-un-solved membuat gw memutuskan membeli sebuah Macbook Pro 15” yang membuat gw gak kalah cekak. Tapi ternyata tangan gw memang tidak aman, maka terjadi lah sebuah ‘kekacauan’ yang juga diakui oleh para servicer-center di Zoom geleng-geleng karena ga pernah ada kasus ini sebelumnya.

Falcon (Macbook Pro gw---ok ini bukan laptop, ini MBP---cukup) mengalami keanehan, yaitu iTunesnya berubah huruf, dan huruf-huruf itu berubah menjadi symbol-simbol planetarian yang gabisa dibaca. Beberapa Nampak seperti huruf paku, dan ini bukalah berasal dari bahasa apapun, ini masalah huruf-FONT, bukan bahasa.

Mari kita identifikasi masalah, ini nampaknya ada crash-system. FYI, iTunes ver 8.2, dan default gw untuk iTunes yang (tentu saja) mengikuti system preference dari Mac ybs menggunakan bahasa Inggris. Dan huruf-huruf yang muncul bukanlah bahasa Jepang, korea, atau bahasa apapun. Itu symbol yang Nampak seperti huruf paku.


Gejala

Gejala awal bermula berbulan-bulan sebelumnya. Namun karena belum terlalu mengganggu maka-kebiasaan jelek nih- dibiarkan saja…
1. iTunes terkadang di tengah-tengah bekerja (Falcon dalam keadaan menyala) dan sambil membuka program lainnya tahu-tahu hurufnya berubah. Ini terjadi kalo emang udah dinyalain lamaaa ato hibernate terus, ga pernah shutdown. Dan kalo restart/ shutdown –istirahatin bentar- bener lagi.
----->Hipotesa sementara: Falcon kecapean. Shutdown and restart will help all.

2. Kali ini semua hurufnya berubah, meski tidak mempengaruhi nama file music. Contoh : saya nyari lagu “Kelly Clarkson di Search engine iTunes, maka yang keluar huruf yang di tab itu betul-betul huruf biasa (terbaca) , namun huruf yang muncul pada list iTunesnya tida terbaca (tapi ada), tapi file nya gak salah.

3. Pada beberapa kasus semua playlist baik di display maupun di list tidak terbaca, namun lagu yang di mainkan oleh iTunes DJ, yang telah termainkan maka akan kembali ke huruf biasa (terbaca) sementara yang belom ke-Play akan tetap berhuruf aneh. Jadi pasrah aja deh ada lagu apa di situ, cumia bisa denger.
----->MAmpuslah saya, orang yang ga apal penyayi dan lagu gini cuman bisa pasrah…


Saking gak sempetnya, baru beberapa bulan kemudian saya bawa ke service center, and the analysis is :
1 Check System And Tried Running Itunes On Another Account - No Problem Found Sunardi Jun 09, 2009
2 Tried Reset Itunes Setting - Symptom Still Persist Sunardi Jun 09, 2009
3 Found Crash Font On Font Book, Disable Invalid Font And Verify No Problem Found Sunardi Jun 09, 2009
4 Recommended To Install New System Sunardi Jun 13, 2009
5 Customer Do It Self

Mas2 itu telah mencoba:
1. Men-disable font2 gw yang ada di Font Book.----> nothing happen.
2. Menginstal ulang iTunes (like I did too) ----> la meme (nothing changed).
3. Trying on the other account-----> Yet, it works.

Dan mas-mas menyarankan beberapa hal :
1. Install ulang OSX- bener2 instal ulang, bukan repair or something (ka nada 3 pilihan install tuh);
--------> Meeen, gw udah pake Mac masa masih harus nginstal ulang tralal-trilili. Yang ngebuat gw pindah ke Mac kan karena lelah nginstal ulang Windows muluuu.

2. Bikin account baru, jadi di pindah-pindahin datanya ke user baru, soalnya kalo di usaer baru, masalah itu gak keluar…
---------> Siaaal, namanya kan gabisa sama ‘Home’ nya, gabisa sama-sama Falcon :,(

Yet karena gw (masih) sibuk TA saat itu, gw gak apa-apain. Dan akhirnyaaa setelah sekian lama (gw udah bikin account baru padahal, tapi karena gada hardisk---freespace gw tgl 2 GB dalam waktu <6 onblur="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-Tsa9rPqQYmzixU3YaO1Nf1qpG3Jyf9aM75Occ_Q0_uh-jdDMfYEk-0HxtAhioALAT95c_ujeeYiy05j0tPkMoJm7_ssrFlK279bNFDSq5JsKjJQpfA1z4Ce0d1uhWSeoJ7fqMgSNnB8e/s1600-h/craash+font.jpg">Ok, there always problem deal with “Lucida”. Here what will happen next:
If ur iTunes alright, and you choose allow conflict, try to click a song…then you will see a view like this:

Lihat? Itu bahasa planet? Bukan.it still English, tapi font-nya antah berantah…
Jdi penyelesaiannya adalah, JANGAN PILIH “ALLOW CONFLICT” tapi pilih “MOVE TO TRASH”.
Coba klik lagi deh lagunya, akan beres lagi :D
Saiya sedang mencari-cari dan bertanya2 apakah font yang digunakan iTunes itu Lucida atau 1 keluarga dengan Lucida dan pengen ngerubahna-ngerubah default font iTunes, cuma gak ketemu di Preferencesnya. Jadi, segitu dulu..Hope it will use..

0 comments: