Mempelajari Saham: Si Anak Labil Jantung Ekonomi bareng #InvestasiCerdas dan Mandiri Sekuritas PART 2 OF 2

19.54 rah[ma.ut]ami 0 Comments

Hula,

Thread ini merupakan sambungan dari thread sebelumnya yang berjudul sama dan bisa dibaca di sini. Tapi kamu juga bisa membaca thread ini secara terpisah karena isi di sini mayoritas membahas penggunaan aplikasi MOST yaitu aplikasi trading saham online yang disediakan dari Mandiri Sekuritas. Jika belum tahu seluk beluk mengenai saham khususnya trading, ada baiknya baca bagian pertama dari tulisan ini. Selamat membaca!

--------


Kapan lagi coba punya duit 500 juta mendadak :))
salah deng...ternyata dikasihnya 200 juta sajah..

So, mari kita mulai coba invest. Selama acara ini kita dimodalin 200jt sama Mandiri. Beneran, Rp 200jt. :)) nih liat. Pengen langsung cairin DP rumah gak sih?

So, kita akan punya :
1. Username
2. Password (untuk membuka dashboard Most)
3. pin (untuk eksekusi jual beli saham)

Jaga kerahasiaan password dan pin. 200 juta neeh.  
Buat trader/investor pemula, menu yang paling sering akan digunakan adalah : My account, view portfolio, &; trade


Oiya, tarif jasa Mandiri Sekuritas Online Trading ini adalah 1.8% untuk beli (harganya nambah 1.8% per transaksi) dan 2.8% untuk jual (harga yang didapat dikurangi 2.8% waktu kita jual saham kita untuk dicairkan). Kalkulasinya bisa dilihat di menu view transaction ~ndaado poto) kalo gada transaksi, ya ga kena biaya apa-apa.





Dashboard awal kalo mau mulai trading
Double re check sebelum beli. Baca yaaa bacaaa


Jam bursa ala ala workshop pun habis dan guwe......Tetoot MERAAH. Bahaha. Dan200 juta gw jadi tinggal 182 juta dalam 1 jam terakhir *kayang*.


Untung cuma simulasi :)))

Jadi di workshop ini kita simulasi pakai harga fluktuasi saham di bulan Agustus 2014. Kita di"modalin" 200 juta....ceritanya. Coba beneran yah tuips. Defisit pun rela yg penting dikasih :)))

Gw cuman bilang buat yg gajadi dateng ke acara#investasicerdas ini, RUGI lo semua. Makanannya enak banget #eh (gw fans pepes telor asin, jamur, ayam, perkedel, tempenya,!) ... Kayanya itu semuanya deh :| Dapet goodie bag segede gaban, dapet sapi eh bNteng bantal buat yang nanya, dapet VOCER 500rebu buat yg best tweet, dN 1 paling penting, DAPET MODAL buat maenan saham!! Yang ini ga boong, kita semua dimodalin 250rwbu ga cumn buat hari ini doang, tapi buat kita mulai maen saham selepas workshop ini beres.

Suasana belajar di dalem BEJ


-----

Santai dikit abis ilang 18 juta dalam 1 jam.... Yuk jalan-jalan...
Habis pelatihan, kita semua jalan-jalan keliling lantai dasar BEJ. Baru tau, ternyata ini dibuka untuk umum *kemane aje*. Jadi lantai dasar ini diperuntukan untuk museum. Museumnya keren bingits, interaktif broh!


Balik balik buku nya pake sensor swipe tangan di udara gitu...

Dulu sih orang2 yang jualan (aka pialang) ngantor di sini semua. Hari gini, semua aktivitas dilakukan secara online, di meja masing2. Jadiii, ini lantai saham cuman galeri, udah ga dipake lagi. Keren yak padahal.

Yakalo jaman dulu sih heboh, kalo pernah nonton Wall of wall street, bejini, jaman dulu di BEJ sih, BEGINI :))) bukan nropong mantan ye, neropong masa depan *ejiye*


Ps: 

sejarah perkembangan bursa efek Indonesia bisa dinikmati semua orang di Galeri BEI di lt dasar. Tuker KTP dulu ye. Buka tiap hari kerja aja tapinya.


Last but not least, kita dapet tentengan buanyaaak. Dari mulai dvd belajar saham, tong sampah mobil (keren loh, dilapis kaya kulit gitu, dan yang paling gw suka adalaaah 2: Bantal Banteng daaaan kita semua dikasih (kali ini beneran) Rp 250.000 buat belajar di rekening MOST kita masing2 yang dibantuin bukanya hari itu juga gratis tis tis tis tis tis.


 

Ini bull pillow. Sesuai istilah investment : Bull kalo lagi naik, bearish kalo lagi turun

Mau, mau, mau?
Makany jangan males angkat pantat dari kasur Sabtu Pagi ;)

Wish me be a good and successful investor yah gaes!


Narsis gini boleh ya

0 comments: