Diagnosa Sendiri Masalah Hardware Mac

20.24 rah[ma.ut]ami 0 Comments


Kalo ada masalah apa-apa sama Mac (Macbook, Macbook Pro, Macbook Air, Imac) yang kaitannya sama hardware, umumnya kita langsung ke Apple Service Center buat tau masalah sebenernya. Biasanya kalo udah diinepin buat didiagnosa dan ga ngambil servis mereka tetep kena charge. O.O Hooo.  

Biasanya mereka diagnosa awal dengan nyolokin Mac kita ke kabel LAN dan menjalankan semacam apps. Katanya, itu cuma bisa di akses sama Authorize Service Apple. Namanya Mac Inspector. Tapi, tahukah kamu kalo bisa kita juga bisa Self Inspection tanpa perlu install apapun? J Here’s the secret.

Namanya AHT (Apple Hardware Test). Cara jalaninnya simple banget, ga perlu install apapun ke mac unit kita.


  1. 1.     Restart Mac sambil tekan tombol D yang lama sampai muncul icon 
    2.    Pilih bahasa dengan menggunakan panah up/down > enter;
    3.    Ada 2 layanan yang bisa dipilih: Untuk menjalankan Basic Testklik tombol “Test” atau pencet alphabet “T" ; untuk menjalankan diagnosa lebih menyeluruh, pilih "Perform extended testing" checkbox  dibawah tombol “Test” sebelum di klik si tombol “Test” nya.
    4.     Hasil diagnostic nya akan muncul. Agak lama sih, tapi sabar aja ;)



Kalo ternyata saat di Restart+D nya gak muncul, boleh di ubek2 CD bawaannya. Adanya di CD 1. Tapi biasanya kalo di OS Leopard ke atas udah masuk ke dalem Mac nya tanpa perlu di install kok.

So? Kalo udah tau diagnosanya, siapin hati buat ke Apple Service Center. Dan yang paling penting… Siapin duit!!! >:)

Smoga artikel ini membantu J

0 comments: