Fans Morgan Oey Salah alamat ke Fan Page Morgan De Toi

14.28 rah[ma.ut]ami 0 Comments


Kira-kira 1 bulan yang lalu, terdapat kasus yang, hmm.... ga terbilang heboh sih, tapi lumayan heboh di dunia per-online-an dan per-facebookan. Hal ini tak lain tak bukan soal personel boyband Indonesia yang lagi nge-hip itu aka SM*SH. Fans Morgan Oey tiba-tiba menginvasi page Morgan Fashion.

Berdasarkan Informasi yang diperoleh andre (@Andredubari). Bahwasanya tadinya gue mikir sedemikian bego itukah fansnya Morgan SM*SH yang nge wall di FB fan page Morgan De Toi, Perancis, yang JELAS-JELAS profile picturenya cewe. Ternyata ini bukan sepenuhnya salah fansnya, melainkan kegagalan dari FITUR FACEBOOK sendiri yang auto-wall setiap kata tertentu yang telah memiliki fan page.


Ini fanpage Morgan Oey aka Morgan SM*SH yang benar

FYI, ini link untuk Fan Page Morgan Oey, SM*SH
dan ini link untuk Fan Page Morgan De Toi, sebuah label fashion dari Perancis.


Klik Untuk Perbesar
Ini keterangan warnanya:
MERAH adalah orang yang jelas-jelas menulis wall di Fan Page Morgan De Toi ( -_-" oh, men, ni orang gada pinter-pinternya)




COKLAT adalah (kemungkinan) orang-orang yang menulis kata MORGAN di wall nya masing-masing yang ter-generate secara otomatis di Wall Morgan De Toi




BIRU , hmm, saya masih bingung sebenernya ini kategori sama seperti merah atau coklat. Soalnya, beberapa wall dg keyword "Ogan" muncul di page si Morgan De Toi.





Kata tersebut tidak muncul di FB Fan Page ybs karena Fan Page dengan nama Morgan (Fashion) terlebih dahulu diregister dibandingkan yang SM*SH. Saya harap Facebook developer segera melakukan perbaikan sistem karena ini menghadirkan ketidaknyamanan bagi page-page yang memiliki nama serupa, baik di Indonesia vs Luar Negeri ataupun yang lainnya.


Saya gak ngerti mekanisme pastinya sih, saya uji coba pake keyword "Morgan" di wall sendiri gak muncul di wall kedua fan page tersebut. Tapi saya mau kasih contoh lain, saya pakai keyword LFM (unit saya di kampus dulu)
 dan Air Asia.


dan hasil untuk keyword LFM ITB adalah:

Original page address
DAN *yes, ada 2!*


Original page Address
Gambar pertama untuk klasifikasi interest, sedangkan yang ke 2 untuk School/university. Kebetulan organisasi ini belum me-legacy fan-page khusus.


Sedangkan untuk keyword Air Asia hasilnya:


Original page Address
padahal page aslinya ini

Hal ini pun bisa saja terjadi dengan fan page brand lain. Satu yang saya coba cek itu Air Asia. Jika kita menyebut Air Asia, maka postingan kita akan muncul di wall ini (bukan fanpage resmi Air Asia) sementara fanpage aslinya ada di sini. Tapi nampaknya postingan yang mention ini bisa terhapus dengan sendirinya juga (unsure) :| Mungkin ada orang-orang IT/developer facebook yang bisa membantu menerangkan hal ini?


Oke, walaupun dengan informasi yang minim, saya harap postingan ini berguna :) Dan, bersiagalah kalian yang memiliki nama sama :3 Indikatornya: apa yang muncul pertama ketika nama tsb di ketik di search bar.


Selamat mencoba! \m/ *brasa bikin kue :P

0 comments: